Bejo Serahkan Persebaya kepada Duet Alfried Riedl dan Wolfgang Pikal

Asisten pelatih Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro, saat ini masih berstatus sebagai pelatih pengganti hingga pertandingan pekan ke 17 Liga 1 2019 ketika timnya melawan ke kandang Bhayangkara FC. Selepas itu, ia bakal menyerahkan tim berjuluk Bajul Ijo tersebut kepada sang pelatih baru, Alfred Riedl.

Sementara itu, Wolfgang Pikal juga akan masuk ke dalam jajaran kepelatihan tim sebagai asisten pelatih Riedl. Kolaborasi 3 pria ini akan jadi komposisi jajaran kepelatihan yang dimiliki oleh Bajul Ijo mulai putaran kedua Liga 1 2019.

Bejo Sugiantoro tak akan ikut andil soal keputusan saat merekrut pemain anyar. Beberapa pergantian pemain dalam diri Persebaya Surabaya jadi kebijakan yang bakal diambil Alfred Riedl.

“Saya tak memiliki kewenangan untuk memutuskan siapa saja pemain yang datang ataupun pergi, semua keputusan ada di tangan Alfred Riedl, serta manajemen klub yang memiliki hak. Perlu di garis bawahi bahwa pemain yang datang bukanlah wewenang saya sebagai pelatih pengganti,” ungkap Bejo Sugiantoro.

“Saya hanya mengamankan serta menjaga klub ini sebelum ada manager baru yang hadir, yang terjadi bukanlah semua pemain yang hadir melalui saya. Seperti ini saya jadi asisten pelatih, tapi koordinasi tetap berada di tangan manajemen dan pelatih baru,” imbuh mantan bek Persebaya tersebut.

Di sisi lain, Wolfgang Pikal juga sudah menandatangani perjanjian kontrak dengan manajemen klub dan akan menjadi asisten pelatih Alfred Riedl, Selasa 27 Agustus 2019.

Ia akan segera menjalin komunikasi dengan Bejo Sugiantoro untuk bisa menata agenda sera program klub ke depannya. Dengan demikian, pelatih baru hanya akan meneruskan program itu ketika tiba di Surabaya pada pertengahan bulan September 2019 nanti.

“Perlu diatur semuanya seperti libur jeda tengah musim itu sampai berapa hari. Kami bakal mengawali semuanya lewat asisten pelatih baru [Wolfgang Pikal]. Agar nanti kedepannya kami tak memulainya dari nol ketika Alfred Riedl datang.”

“Memang, hal seperti ini masih perlu adanya transisi program yang perlu dijalankan. Kami harus terus berkomunikasi agar segalanya berjalan efektif dan ketika Alfred Riedl datang, segala hal sudah connect dengan klub serta tak harus melakukan persiapan dari awal,” tanda pelatih berumur 42 tahun tersebut.

Amido Balde Dicoret Persebaya

Memasuki bursa transfer Shopee Liga 1 2019, Persebaya akhirnya resmi melepas penyerang asing Amido Bale. Balde dipastikan tidak lagi jadi bagian dari skuat Bajul Ijo selepas pihak manajemen melakukan evaluasi kepada kinerja sang pemain.

Penyerang asal Guinea Bissau tersebut berpamitan dengan rekan-rekan setimnya pada Rabu, 28 Agustus 2019 lalu ketika Persebaya menjalani sesi latihan.

Sementara itu, Bejo Sugiantoro mengatakan bahwa pencoretan Balde adalah hasil pertimbangan matang.

“Sepakbola memang seperti ini. Segala keputusan adalah yang terbaik bagi Persebaya,” ungkapnya.