Home » Berita Bola » Harga Pemain Tidak Masuk Akal, UEFA Akan Rubah Aturan Financial Fair Play

Harga Pemain Tidak Masuk Akal, UEFA Akan Rubah Aturan Financial Fair Play

http://www.suarabola.com

Berita Bola Terkini – Federasi Sepakbola Eropa atau yang biasa disebut UEFA saat ini tengah berencana untuk merombak ulang peraturan terkait Financial Fair Play atau FFP.

Kritik terhadap FFP belakangan ini semakin sering menjadi topik utama, seiring transaksi transfer yang menggila di antara klub-klub top Eropa. Sejak transfer €100 juta Paul Pogba ke Manchester United pada musim panas 2016 lalu, harga rata-rata seorang pemain saat ini sudah diluar akal sehat.

Sorotan utama tentu terletak pada Neymar yang diboyong Paris Saint-Germain dari Barcelona seharga €222 juta pada musim panas 2017 lalu. Pemain-pemain seperti Ousmane Dembele, Kylian Mbappe, hingga Philippe Coutiho pada akhirnya memiliki harga tak masuk akal di atas angka €100 juta.

[BACA JUGA]: Valencia Ingin Dapatkan Juan Mata Secara Gratis Di Musim Panas

Aturan FFP yang ada pun dipandang terlampau longgar. Hal itu terjadi karena sebuah klub hanya tak boleh rugi lebih dari €30 juta dalam periode tiga tahun. Kebijakan tersebut diyakini mudah untuk dimanipulasi.

Karenanya pembahasan penting segera dilakukan UEFA untuk kemudian menelurkan kebijakan yang bakal dinamai FFP 2.0. Dalam kebijakan tersebut, sebuah klub tidak boleh memiliki selisih lebih dari €100 juta antara pembelian dan penjualan pemain di setiap musim atau dua jendela transfer.

Sebagai contoh jika Barcelona menghamburkan €350 juta untuk membeli pemain, mereka wajib mendapat pemasukan minimal €250 juta dari penjualan pemain dalam dua kali jendela transfer per musim.

Diharapkan aturan ini membuat banderol seorang pemain jadi lebih masuk akal, menyehatkan keuangan klub, plus meningkatkan level kompetitif antar klub di Benua Biru.

(am/ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by Live Score & Live Score App