Home » Berita Bola » Piala Dunia 2018 » Imbang Lawan Venezuela, Argentina Terancam Tidak Lolos Ke Piala Dunia 2018

Imbang Lawan Venezuela, Argentina Terancam Tidak Lolos Ke Piala Dunia 2018

portal bola @suarabola

Portal Bola – Timnas Argentina yang ditahan imbang oleh Venezuela di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 membuat harapan dari kubu Albiceleste untuk lolos ke Rusia akhirnya semakin suram dengan tim yang dipaksa untuk mendapatkan semua kemenangan di dua pertandingan tersisa untuk zona CONMEBOL.

Mungkinkah juara Piala Dunia dua kali itu gagal lolos ke putaran final untuk kedua kalinya sejak 1970? Mari kita timbang dan hitung potensi lolos pasukan Jorge Sampaoli ini.

Dengan dua pertandingan tersisa, delapan negara CONMEBOL masih bersaing untuk Rusia 2018.

Brasil sudah memastikan tiket lolos ke Piala Dunia, sementara Bolivia dan Venezuela harus menunggu empat tahun lagi untuk menembus putaran final karena tersingkir dini.

Itu berarti tinggal Kolombia, Uruguay, Cile, Argentina, Paraguay, Peru, dan Ekuador yang masih bersaing untuk tiga tiket lain – plus satu kesempatan play-off untuk negara yang finis di tempat kelima.

Hanya tujuh poin yang membedakan peringkat kedua (Uruguay) dengan kedelapan (Ekuador). Dua laga tersisa bisa mengubah nasib tujuh negara yang masih berjuang.

Argentina, secara mengejutkan, jadi salah satu tim yang terancam gagal. Mereka hanya menang enam kali dari 15 pertandingan dan mencetak 16 gol. Sampaoli jadi pelatih ketiga yang memimpin di babak kualifikasi ini setelah Gerardo Martino dan Edgardo Bauza gagal memaksimalkan peran Lionel Messi dan Sergio Aguero.

[BACA JUGA]: AC Milan Akan Segera Lepas Jose Sosa Ke Trabzonspor

Secara matematis, Argentina masih mempunyai kemungkinan untuk lolos ke final, tapi mereka wajib meningkatkan kualitas di semua lini. Apalagi dua lawan Albiceleste sama-sama punya potensi dan hasrat untuk lolos.

Dari 20 Piala Dunia hingga saat ini, Argentina hanya gagal lolos satu kali (mereka absen di 1938, 1950, dan 1954 karena menolak undangan tampil). Di 1970, Argentina berada satu grup dengan Peru dan Bolivia, tapi gagal mengamankan tiket kualifikasi.

Mereka mengawali perjalangan dengan performa buruk dan takluk 3-1 dari Bolivia di La Paz, kemudian kekalahan kedua dari Inca membuat nasib pelatih Adolfo Pedernera berada di ujung tanduk.

Argentina harus mengamankan dua kemenangan lawan Bolivia pada sisa laga, tapi setelah menang 1-0, mereka ditahan imbang 2-2. Hasil buruk ini memastikan tim biru-putih gagal bertanding di Meksiko.

Fans Argentina masih punya harapan untuk mendukung timnya di Rusia. Dua pertandingan yang tersisa bukanlah lawan yang selevel, tapi dengan performa inkonsisten saat ini, Biancocelesti terancam angkat koper.

Peru menunggu di awal Oktober, kemudian ada Ekuador. Walau tidak diunggulan, dua negara Amerika Selatan itu punya ambisi besar untuk lolos ke Rusia. Sedikit saja kesalahan dilakukan oleh Argentina, Cile bisa menggeser mereka dari peringkat kelima.

Jika Argentina masih belum bergerak dari peringkat kelima, mereka masih memiliki kesempatan untuk berlaga di Rusia 2018 lewat laga play-off. Dalam kampanye sebelumnya, peringkat kelima CONMEBOL harus berhadapan dengan negara Amerika Utara atau Asia. Kali ini, tim Oceania berpotensi menantang mereka, yakni Selandia Baru yang unggul 8-3 atas Kepulauan Solomon.

Pada 1993, Argentina pernah mengalami momen mendebarkan di play-off. Mereka harus menghadapi Australia dalam pertandingan dua leg. Beruntung, Albiceleste mampu mengamankan kemenangan 2-1 berkat gol bunuh diri Alex Tobin.

(am/ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by Live Score & Live Score App