Home » Berita Bola » Piala Dunia 2018 » Kualifikasi Piala Dunia 2018: Bulgaria 2 – 0 Belanda

Kualifikasi Piala Dunia 2018: Bulgaria 2 – 0 Belanda

portal bola @suarabola

Portal Bola – Matchday kelima Grup A pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa hari minggu dini hari kemarin memperlihatkan hasil mengejutkan dimana tim tamu timnas Belanda dipaksa mengakui keunggulan tuan rumah Bulgaria dengan skor akhir 2 – 0.

Kekalahan kedua tiga kali runner-up Piala Dunia itu mulai hadirkan ancaman serius, menyoal kans De Oranje lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 esok. Mereka kini terpaut tiga poin dengan Swedia di posisi kedua dan enam poin dengan Prancis di posisi pertama grup.

Bermain di markasnya sendiri, Bulgaria memulai pertandingan dengan begitu meyakinkan. Kepercayaan diri yang tebal, secara mengejutkan membuat mereka meraih dominasi bola sedikit di atas Belanda.

Situasi itu membuat para pemain Belanda terlihat tegang. Tim asuhan Danny Blind itu terlampau mudah kehilangan bola dan alami diposisi yang parah. Mereka pun ‘memberikan’ gol dini untuk Bulgaria ketika pertandingan baru menyentuh menit kelima.

Berawal dari kesalahan lini belakang tim tamu mengantisipasi umpan lambung Georgi Kostadinov, Spas Delev lantas memanfaatkan kemelut untuk membawa tuan rumah unggul 1-0.

[BACA JUGA]: Kualifikasi Piala Dunia 2018: Portugal 3 – 0 Hungaria

Performa Belanda, terutama lini belakang, tak kunjung membaik setelah tertinggal satu gol. Mereka pun harus menerima konsekuensi kebobolan untuk kali kedua, melalui pemain yang sama.

Kali ini Delev mencatatkan namanya melalui sepakan kencang dari luar kotak penalti, di menit ke-20. Bulgaria unggul meyakinkan 2-0 dan kedudukan itu bertahan hingga babak pertama usai.

Paruh kedua dimulai dan perubahan dilakukan Belanda. Mereka memasukkan bek debutan, Wesley Hoedt, untuk perkukuh lini pertahanan dan gelandang serang senior, Wesley Sneijder, guna menambah daya gedor.

Perubahan itu cukup membawa pengaruh besar. Belanda jadi meraih dominasi permainan dengan sanggup melancarkan serangan dari berbagai sisi. Kans pertama hadir lewat sepakan kencang Quincy Promes di menit ke-58. Sayang bola masih mamampu ditangkis kiper utama Bulgaria, Mikolai Mihaylov.

Memasuki satu jam pertandingan, dua peluang emas kembali dihadirkan Belanda. Adalah sepakan spekulasi Sneijder dan Davy Klassen yang secara sial menyamping tipis dari gawang Bulgaria.

Tak berhenti, Belanda kembali hadirkan peluang mencetak gol di menit ke-81. Adalah sang ujung tombak, Bas Dost, yang nyaris saja mencatatkan namanya di papan skor, andai tandukan akuratnya memaksimalkan umpan Senijder tak sigap diamankan Mihaylov.

Pada akhirnya tidak ada satu gol pun yang bisa dicetak oleh kubu Belanda. Mereka akhirnya harus kalah 2-0 dan semakin memperkecil kemungkinan untuk lolos ke Piala Dunia 2018 lantaran hanya memperoleh tujuh poin yang didapat dari lima pertandingan kualifikasi Grup yang sudah digelar.

(am/ma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by Live Score & Live Score App