Home » Berita Bola » Liga Inggris » Liga Europa: Manchester United 3 – 0 Saint-Etienne

Liga Europa: Manchester United 3 – 0 Saint-Etienne

portal bola @suarabola

Portal Bola – Ada sesosok pahlawan yang muncul di kubu Manchester United pada saat bertandingan melawan tim Saint-Etienne di leg pertama babak 32 besar Liga Europa yang diadakan di Old Trafford pada hari jumat dini hari kemarin, sosok tersebut adalah pemain andalan Manchester United, Zlatan Ibrahimovic yang sukses mencetak hat-trick pada pertandingan ini sehingga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan kubu Old Trafford.

Dua gol Ibra tercipta lewat permainan terbuka dan satu lagi melalui hadiah penalti. Dengan tambahan ini, bintang asal Swedia itu telah mencetak 17 gol lawan Etienne.

Kemenangan ini memuluskan jalan bagi The Red Devils untuk bisa melaju ke babak 16 besar, walaupun Etienne masih memiliki peluang dengan bermain di kandang sendiri di leg kedua pada pekan depan. Untuk bisa lolos, klub Ligue 1 Prancis itu harus menang 4-0, sesuatu yang memang terasa sangat sulit buat mereka. Peran Ivan Perisic bagi Inter Milan memang sangat besar, ketika bintang Kroasia ini gemilang semangat I Nerazzurri dipastikan berlipat ganda.

Gazzetta dello Sport mengklaim sejak Perisic jatuh ke pelukan Inter dengan mahar €17 juta, dia telah menarik mnat sejumlah klub Liga Primer Inggris. Faktanya, tercatat 12 tim yang sudah melakukan pendekatan pada Perisic dalam 12 bulan terakhir dan masa depannya di Giuseppe Meazza tak kunjung pasti.  Muncul skenario La Beneamata akan menjualnya musim panas nanti demi mendapatkan pemain dengan karakter yang lebih menyerang.  Meski Inter sekarang didukung oleh pemilik dengan kekuatan finansial jempolan, hal tersebut bukan berarti mereka akan mempertahankan semua pemain.

United mengawali pertandingan babak pertama dengan agak gugup di sektor pertahanan. Eric Bailly sempat melakukan dua kesalahan dalam melakukan umpan di menit-menit awal, tapi beruntun karena Kevin Monnet-Paquet dan Henri Saivet tidak mampu memaksimalkan keadaan.

Setelah beberapa kali mengancam, United akhirnya mendapatkan peluang pertama pada menit kesembilan. Berawal dari serangan balik yang cepat, Ibra memberikan bola kepada Anthony Martial, yang kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari depan kotak penalti, namun bisa ditepis kiper Stephane Ruffier.

United akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-15. Sebuah pelanggaran oleh seorang pemain Etienne terhadap Ibra di depan kotak penalti memberikan hadian tendangan bebas untuk tuan rumah. Mantan pemain Paris Saint-Germain itu sendiri yang melakukan eksekusi. Tendangannya menyusur tanah dan membentur kaki salah seorang pagar hidup lawan sehingga arah bola berubah yang membuat Ruffier terkecoh.

Memasuki menit ke-24, Juan Mata memiliki peluang yang sangat bagus setelah mendapat umpan dari Paul Pogba, namun tendangan kaki kirinya mampu diblok Ruffier. Pada menit ke-30, Etienne mengancam lewat skema serangan balik yang cepat. Romain Hamouma mengirim umpan tarik kepada Saivet di depan kotak penalti, yang langsung melepaskan sebuah tembakan, namun hanya melebar.

Satu menit berselang, Martial menunjukkan teknik bagusnya dengan melakukan pergerakan cepat dari tengah lapangan hingga memasuki kotak penalti Etienne. Striker asal Prancis ini melepaskan tembakan dengan kaki kiri, namun bisa diblok Ruffier, sementara itu Ibra gagal menyambar bola rebound karena belum siap. Vincent Pajot melakukan percobaan pada menit ke-37 dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun usaha itu tidak membahayakan gawang United yang dijaga Sergio Romero.

Dua menit kemudian, penyelamatan dilakukan Bailly dengan memblok tembakan setengah voli Hamouma dari dalam kotak penalti. Beberapa saat kemudian, Romero menghalau tendangan Pajot yang sempat deflected mengenai tujuh salah seorang pemain United.

United langsung tancap gas di awal babak kedua. Pertandingan baru berjalan lima menit, Ibra sempat membobol gawang Etienne lagi, namun dianulir karena ia sudah berada dalam posisi off-side ketika menerima umpan dari Mata dengan sundulan kepala.

Pada menit ke-52, Pogba mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari jarak jauh usai menerima umpan dari Daley Blind, namun belum menemui sasaran. Empat menit berselang, giliran tendangan Antonio Valencia yang hanya menyamping ke sisi kanan gawang setelah mendapat umpan dari Ibra.

Ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-63, Pogba kembali melakukan percobaan dengan tendangan dari jarak jauh, dengan kaki kirinya setelah memutari Jordan Veretout, sayang bola hanya menyamping tipis ke sisi kanan gawang. Pogba nyaris saja mencetak gol lima menit kemudian. Memanfaatkan umpan tendangan bebas, sundulan pemain asal Prancis itu hanya menerpa mistar gawang.

Etienne juga tidak sepi dari peluang. Pada menit ke-73, mereka sempat mengancam melalui Nolan Roux, yang menerima umpan dari Ole Kristian Selnaes, namun setelah berhadapan satu lawan satu dengan Romero, tendangannya masih melayang di atas mistar gawang.

United akhirnya kembali unggul pada menit ke-75. Berawal dari pergerakan Marcus Rasford, yang baru masuk lima menit menggantikan Mata, dengan menggiring bola ke dalam kotak penalti dan mengirim umpan tarik tengah, sudah ada Ibra yang tinggal menceploskan bola dalam posisi yang bebas.

Meski unggul dengan selisih gol, United tidak mengendurkan serangan. Jesse Lingard, yang masuk di awal babak kedua, memiliki peluang pada menit ke-77 setelah mendapat umpan dari Valencia. Sayang, tendangannya masih menyamping ke sisi kiri gawang.

Ibra akhirnya mencetak hat-trick pada menit ke-88 setelah United mendapat hadiah penalti usai sang striker dilanggar oleh Saivet di kotak terlarang. Ia mengecoh Ruffier dengan melayangkan tendangan ke pojok kanan bawah gawang. Hingga pertandingan berakhir, Etienne tetap gagal mencetak gol dan kedudukan tetap berakhir 3-0 untuk kemenangan kubu tuan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by Live Score & Live Score App